Loading...

07 August 2017

9 Dampak dan Efek Buruk Ketika Jarang Mandi

Hari libur bukan berarti menghabiskan keseharian dirumah dan malas untuk mandi sebab mandi adalah rutinitas yang terbilang wajib dilakukan minimal 2 kali sehari (pagi dan sore) untuk membersihkan tubuh dari bakteri, pengap dan bau yang menempel dibadan.
dampak dan efek  buruk ketika jarang mandi

Selain untuk membersihkan tubuh, aktivitas mandi juga berperang penting untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh (fresh) . Namun malas untuk beranjak ke kamar mandi memang sudah lazim ketika hari libur dan ini sulit untuk dihindari dikarenakan beberapa hal diantaranya seperti rasa hawa dingin dan merasa tidak penting serta sakit.
Tapi tahukah anda bahwa akibat jika jarang mandi baik di pagi hari maupun sore ternyata dapat memicu dampak dan mendatangkan efek buruk bagi kesehatan tubuh seperti:

1. Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh
Salah satu hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh banyak orang adalah jarang mandi dapat memicu dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Bagaimana tidak, itu disebabkan oleh bakteri dan kuman yang melekat dalam tubuh yang menimbulkan dampak tubuh jadi lemas dan menurunkan kinerja sel darah putih.

2. Mudah Terserang Penyakit
Dari dampak buruk untuk kesehatan ketika jarang mandi dalam nomor 1 sudah terpapar dengan jelas dimana dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh yang disebabkan aktivitas sel darah putih yang menurun.

Sel darah putih ini berfungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Jika ingin mengembalikan sistem kekebalan tubuh ke normal dan meningkat lagi agar anda tidak mudah dan rentan terjangkit penyakit maka hal terpenting yang harus dilakukan adalah dengan rajin mandi.

3. Menyebabkan Gatal-gatal
Akibat jarang mandi kuman dan bakteri akan lebih mudah berkembang biak dipermukaan tubuh sehingga kulit akan terasa gatal. Gatal-gatal yang berkepanjangan yang terus digaruk dapat mendatangkan berbagai penyakit kulit lainnya seperti kurap bahkan juga berpengaruh terhadap ginjal

4. Lemas dan tidak Bersemangat
Ion negatif banyak terdapat dalam keringat + debuh yang lengket dipermukaan kulit, Lemas dan tidak bersemangat untuk beraktivitas disebabkan oleh Ion negatif. Dengan mandi dapat menghilangkan Ion Negatif dan mengganti menjadi Ion Positif.

5. Susah Tidur
Tidur dimalam hari tanpa mandi sore kerap kali dilakukan oleh banyak orang dengan berbagai alasan seperti rasa letih dan malas serta kelelahan. Hal ini yang dapat membuat tidur anda menjadi terganggu dan merasa gelisa karena tubuh dipenuhi dengan debu dan keringat yang melengket.

Begitupun sebaliknya dimana mandi sebelum tidur akan membuat tidur anda lebih nyenyak dan berkualitas, selain itu saat bangun dipagi hari anda akan merasa lebih semangat dibanding tidur tanpa mandi terlebih dahulu.

6. Memicu Stress dan Depresi
Stress dan depresi dapat dipicu karena jarang mandi, hal tersebut dikarenakan otot-otot tubuh serta saraf yang tegang akibat rutinitas yang dikerjakaan seharian atau bisa juga karena kurangnya gerak tubuh.

Mandi baik untuk merenggangkan kembali otot dan saraf yang menegang sehingga anda akan merasa lebih rileks dan fresh. Dengan begitu anda telah melakukan upaya pencegahan stress dan depresi.

7. Dapat Menyebabkan Kulit Jadi Kusam
Hampir semua orang pasti menginginkan kulit putih cerah alami dan mungkin salah satunya adalah anda. Namun sebagaimana pun anda mengidamkan dan memimpikan memilki kulit cerah tapi anda sendiri jarang mandi maka nilai yang anda dapat adalah zonk.

Bagaimana tidak, seberapa banyakpun handbody serta krim yang anda gunakan untuk mencerahkan kulit tetap tidak akan maksimal tanpa melakukan rutinitas mandi minimal 2 kali sehari. Sebab dengan mandi selain untuk memperbaiki jaringan kulit juga mencukupi nutrisi sehingga kulit dapat beregenarasi.

8. Menurunkan Daya Konsentrasi
Akibat bermalas-malasan untuk mandi selain dapat menyebabkan berkurangnya rasa semangat dan memicu depresi juga dapat menyebabkan daya konsentrasi menurun akibat otak yang tidak bekerja dengan baik.

Tubuh yang rileks dan sehat menjadi daya dorong untuk otak tetap berfikir cemerlang maka dari itu pentingnya mandi untuk kesehatan.

9. Menurunkan Rasa Percaya Diri
jarang mandi tentu saja membuat anda minder dari khalayak sosial sekitar anda dikarenakan badan yang bau atau prilaku garuk-garuk anda yang tak lazim. Bahkan dengan menutupi wewangian parfum sekalipun bau badan anda akan tetap menyengat sehingga anda dijauhi oleh orang sekitar atau teman.

Terkadang seseorang mandi hanya karena alasan ingin tampil cantik. Namun tanpa sadar dibalik rutinitas ini banyak manfaat yang bisa diserap oleh tubuh seperti kebersihan serta kesehatan tubuh. Jadi bukan waktunya lagi untuk bermalas-malasan untuk mandi karena ini bukanlah hal yang sulit sebab hanya 2 kali sehari kok. Semoga bermanfaat