Loading...

02 August 2017

Ragam Manfaat dan Khasiat Buah Belimbing Wuluh [Caneneng]

Buginese.id - Buah belimbing wuluh dominan digunakan sebagai bahan masakan atau sayuran untuk menambah dan atau dijadikan penyedap rasa asam yang lebih alami. Selain itu belimbing wuluh juga paling sering dijumpai di gerobak penjual rujak ataupun manisan dan asinan.
ragam manfaat dan khasiat buah belimbing untuk kesehatan
pohon buah belimbing
Dalam bahasa bugis buah belimbing wuluh biasanya dinamai caneneng dan sering kita jumpai di samping-samping rumah di perkampungan atau pedesaan dan juga perkebunan yang biasanya tumbuh liar.

Karena rasa asamnya, banyak orang menggunakan buah belimbing wuluh sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan batuk, sakit gigi dan sariawan ataupun jenis penyakit berat lainnya seperti rematik. Selain itu juga sering digunakan sebagai bahan pembersih kuku.

Buah belimbing wuluh memilki manfaat dan khasiat yang sangat banyak, mulai dari kesehatan hingga kecantikan karena kandungan yang terdapat didalamnya.

Kandungan Buah Belimbing Wuluh [Caneneng]

Selain kandungan asam alami yang terdapat dalam buah belimbing wuluh juga memilki sangat banyak kandungan lain yang bisa dikategorikan sangat dibutuhkan tubuh di antaranya :
  • Protein
  • Asam Format
  • Fiber
  • Sulfur
  • Karoten
  • Tanin
  • Zat Besi
  • Peroksidan dan Saponin
  • Fosfor dan Kalium Sitrat
  • Kalsium
  • Glokusaid dan Riboflavin
  • Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin B1
  • Mineral
  • Karbohidrat


Manfaat Buah Belimbing Wuduh Untuk Kesehatan

Dari kandungan yang terdapat dalam buah belimbing wuluh menghasilkan ragam manfaat dan khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan seperti mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit di antaranya :

1. Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Karena kadar asam alami yang terdapat dalam buah belimbing wuluh yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah sehingga anda dapat terhindar dari penyakit diabetes.

2. Belimbing Wuluh Obat Sakit Gigi

Kandungan senyawa kalsium dalam buah belimbing wuluh dapat meredakan rasa sakit dan nyeri pada gigi sakit. Selain itu belimbing wuluh juga baik dalam menjaga kesehatan gigi dan dengan begitu anda dapat mengunya makanan tanpa ragu akan timbulnya rasa sakit dan nyeri lagi karena kesehatan gigi yang sudah fix.

3. Belimbing Wuluh Dapat Mengatasi Sariawan

Manfaat ketiga buah belimbing wuluh dapat mengatasi sariawan dengan cara mengoleskan langsung belimbing wuluh yang sudah dikupas pada bibir yang terkena sariawan. Meskipun rasanya sedikit perih namun cara ini terbilang sangat efektif dalam mengatasi dan menyembuhkan penyakit panas dalam sariawan.

4. Mengatasi Panu

Adanya sifat anti jamur yang terkandung dalam buah belimbing wuluh dapat membantu anda dalam mengatasi penyakit kulit seperti panu dengan cara mengoleskan buah belimbing wuluh pada kulit yang terjangkit panu. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari untuk memudarkan dan menghilangkan panu pada kulit hingga benar-benar sembuh.

5. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengingat pentingnya menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, dengan begitu buah belimbing wuluh dapat dijadikan sebagai makanan pengganti nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu penyakit tak mudah datang.

6. Manfaat Belimbing Wuluh dapat Mengatasi Rematik

Mengonsumsi buah belimbing wuluh dipercaya dapat mengatasi penyakit rematik. Anda dapat mengolah belimbing wuluh dengan berbagai jenis makanan dan minuman ataupun mengolah sebagai rujak lalu mengonsumsinya.

7. Penangkal Radikal Bebas

Selain beberapa kandungan yang terdapat dalam buah belimbing wuluh yang sudah dipaparkan dalam ulasan sebelumnya, Belimbing wuluh juga memiliki kandungan anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang ada pada tubuh

8. Mencegah Hipertensi

selain dapat mengatasi diabetes, buah belimbing wuluh juga dapat mencegah hipertensi karena dimana buah ini tidak akan membuat tekanan darah menjadi melonjak atau tinggi. Dengan begitu proses mencegah hipertensi dapat anda lakukan sejak dini dengan cara mengonsumsi buah caneneng (bahasa bugis).

9. Belimbing Wuluh Obat Gondongan

Gondongan umumnya menyerang anak yang berumur 2-12 tahun akibat penularan virus (paramyxovirus) yang dimana dapat menyebabkan pembengkakan pada bagian leher atas atau pipi bawah. Buah belimbing wuluh dapat anda jadikan sebagai obat gondongan dengan cara mengonsumsinya karena manfaatnya yang kuar biasa. Ini juga dapat merekan peradangan.

Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah belimbing wuluh juga memilki manfaat yang tak kalah penting yaitu untuk kecantikan. Berikut manfaat buah belimbing wuluh untuk kecantikan :

1. Dapat Menghaluskan Kulit

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah belimbing wuluh adalah salah satu kandungan yang sangat baik dalam mode kecantikan yang berfungsi sebagai penghalus kulit pada tubuh maupun wajah.

2. Obat Jerawat

Tak hanya dapat menghaluskan kulit namun juga dapat mengobati jerawat dengan cara membuat masker menggunakan buah belimbing wuluh dan menggunakannya pada wajah yang jerawatan. Ini bekerja karena kandungan antioksiadan yang terdapat dalam buah belimbing wuluh.

3. Dapat Mengangkat Sel Kulit Mati

Untuk mendapatkan kulit impian pastinya kulit harus terlihat lembab dan halus tanpa noda kusam yang menempel. Nah, solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara menggunakan masker buah belimbing wuluh agar sel kulit mati yang disebabkan oleh noda kusam ataupun bekas jerawat terangkat.

4. Menghilangkan Komedo

Benjolan kecil yang terdapat pada permukaan kulit wajah terkhususnya dibagian hidung yang berwarna hitam/putih atau biasa disebut komedo ini sangat mengganggu dan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Namun anda tak perlu khawatir lagi  karena dengan menggunakan buah belimbing wuluh, komedo dapat tersingkirkan dengan cepat dan hasil yang optimal. Caranya dengan menggunakan masker buah belimbing wuluh.

5. Memutihkan Kulit

Tak diragukan lagi jika buah belimbing wuluh dapat menghaluskan dan menghilangkan jerawat serta mengangkat sel kulit mati maka secara otomatis ini memungkinkan anda sudah putih 90%. Caranya sama seperti cara-cara sebelumnya yaitu dengan cara menggunakan masker buah belimbing pada wajah.

6. Dapat Mengurangi Minyak Berlebih Pada Kulit

kandungan vitamin C yang ada dalam kandungan buah belimbing wuluh sangat berperang penting dalam menyerap minyak pada kulit wajah sehingga minyak pada kulit dapat berkurang. Untuk menerapkan cara ini adalah dengan menggunakan masker belimbing wuluh atau caneneng.

7. Mengecilkan Pori Kulit

Dengan melebarnya pori kulit dapat menyebabkan kotoran berupa debu dapat jadi penyumbat dan ini akan menyebabkan timbulnya jerawat. Akan tetapi dengan menggunakan masker belimbing wuluh dapat memperkecil pori-pori pada kulit sehingga dapat mencegah menculnya jerawat.

8. Merawat Kuku

Agar kuku jemari tangan dan kaki tetap terawat dan sehat nian cantik dipandang, anda dapat menggunakan buah belimbing wuluh sebagai salah satu bahan dalam perawatan kuku dengan cara menggosok, mencakar serta menusuk-nusuk belimbing wuluh menggunakan kuku. Dengan begitu kotoran akan keluar dari kuku serta kuku akan terlihat lebih bersih dan kinclong.

9. Mengatasi Rambut Berminyak

Banyak bahan alami yang dapat digunakan dalam melakukan perawatan pada rambut salah satunya adalah menggunakan buah belimbing wuluh dengan cara menghaluskan terlebih dahulu belimbing wulu dan menggunakannya sebagai keramas. lakukan cara tersebut dengan rutin maka rambut berminyak anda akan minggat dengan cepat.

10. Dapat Menghilangkan Ketombe

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang paling banyak digunakan dalam melakukan perawatan rambut namun tidak untuk kali ini karena dimana dalam kasus yang sama anda juga dapat menghilangkan ketombe pada rambut kulit kepala dengan menggunakan buah belimbing wuluh. Caranyapun cukup gampang yaitu anda hanya tinggal mengiris buah belimbing terus usapkan pada rambut kulit kepala lalu diamkan kurang lebih 15 menit dan terakhir bilas dengan air bersih.

11. Mampu Menghilangkan Kutu Pada Pambut

Salah satu penyebab gatalnya rambut kulit kepala adalah karena adanya kutu yang bersarang pada rambut yang dimana itu disebabkan oleh hisapan darah kutu dikepala. Nah untuk memusnahkan kutu yang ada pada rambut, anda juga dapat menggunakan buah belimbing wuluh dimana cara ini cukup efektif. Untuk caranya sama dengan cara-cara sebelumya yaitu dengan mengusapkan belimbing wuluh pada kepala.

Demikianlah ulasan artikel tentang Ragam Manfaat dan Khasiat Buah Belimbing Wuluh [Caneneng] yang dapat buginese.id berikan dan untuk postingan yang terkait untuk ulasan ini anda dapat membaca cara membuat masker buah belimbing wuluh (caneneng). Semoga bermanfaat.